It’s the man behind the gun

Sunday, October 4, 2015

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak dengan software

Keyboard laptop adalah perangkat input yang sangat penting. Tanpa adanya keyboard kita akan sulit untuk memasukkan karakter. Walau ada alternatif lain yaitu dengan bantuan keyboard on screen. Keyboard on screen itu juga keyboard. Akan sangat menyusahkan apabila menggunakan komputer atau laptop hanya dengan mouse saja. Apabila keyboard rusak apa yang terjadi? Resiko terbesar adalah kita kehilangan data.

Bagaimana itu bisa terjadi? Ketika tombol keyboard yang rusak adalah tombol delete, saat kita membuka jendela explorer atau windows explorer, secara otomatis file, atau folder yang ada disana akan langsung masuk ke recycle bin. Jika dri drive C atau D atau harddisk mungkin masih ada peringatan “ apakah anda yakin akan menghapus file bla bla bla?” 

Namun apabila yang hilang atau akan terhapus adalah data yang ada di flashdisk apakah ada konfirmasi? Tentu tidak. Hanya dalam hitungan detik saja semua aset data yang ada dalam flashdisk akan hilang sirna. Hal itulah yang tidak kita harapkan apabila keyboard laptop kita rusak.

Apa penyebab keyboard laptop rusak?

Penyebab dari keyboard rusak secara pasti saya belum menemukannya. Akan tetapi beberapa hal yang dapat menyebabkan keyboard rusak adalah terkena siraman air, kopi atau teh. Bisa juga karena memang sudah terlalu lama tidak di pakai juga bisa membuat keyboard susah di tekan atau selalu keluar sendiri tanpa di pencet.

Cara mengetahui tombol keyboard yang rusak

Untuk mengetahui tombol apakah di keyboard laptop yang rusak tentu tidak bisa sembarangan. Tanda tanda yang muncul apabila salah satu tuts keyboard rusak adalah terdapat bunyi beep berulang ulang saat startup atau booting.

Ciri lain adalah selalu muncul window help. Atau selalu mengarah ke item paling bawah dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengetahui tombol apa yang rusak kita harus paham betul fungsi dari setiap tombol yang ada di keyboard. Beberapa gejala umum yang sering muncul adalah :

Saat laptop di nyalakan selalu masuk bios – untuk masuk bios umumnya menggunakan tombol detele, F2 atau F10. Sekarang check di google cara masuk bios laptop yang terkena masalah pada keyboard tersebut. Jika sudah ketemu berarti masalah memang terdapat di tombol tersebut.

Klik desktop langsung mengarah ke icon paling bawah – pernah juga terjadi kerusakan semacam ini. Ketika kita klik sebuah jendela, maka otomatis akan memilih file yang paling akhir atau paling bawah. Jika trouble ini yang muncul tandanya tombol arah bawah yang rusak.

Jika kita klik file selalu muncul kotak rename – keyboard tombol F2 rusak
Jika kita buka jendela windows muncul search result  -  artinya tombol F3 yang mengalami gangguan.

Tidak semua tombol yang rusak bisa di deteksi secara kasat mata. Apabila tombol insert, print screen dan pause break yang rusak mata kita perlu sebuah software untuk mendeteksinya.

Software untuk memperbaiki keyboard laptop.

Software yang bisa di gunakan adalah passmark keyboard test. Sayangnya aplikasi ini berbayar jadi ktia harus beli terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya. Atau sobat bisa cari versi portable saja.

Selanjutnya  buka aplikasi tersebut dan coba tekan salah satu tombol. Saat di tekan tombol tersebut berwarna merah. Sedangkan ketika di lepas akan berwarna hijau. Test semua tombol agar kita tahu keyboard mana saja yang tidak berfungsi.

Software ini memang bagus, akan tetapi tampilannya masih seperti keyboard yang di gunakan di pc. Jadi untuk tombol FN tidak bisa terdeteksi. Itu satu kelemahan. Namun kita bisa mengatasinya dengan check tombol numlock di beberapa keyboard biasanya tombol numlock  ada di tombol lain. Misalnya di acer extensa 4630 tombol tersebut ada di tombol F11. Jika kita tekan F1 dan keluar numlock di passmark keyboard test berarti tombol numlock normal. Namun apabila tombol tersebut berwarna merah perlu segera di check.

Sebenarnya passmark keyboard laptop hanya membantu untuk mendeteksi sumber penyakit keyboard. Setelah ketemu kita coba untuk memperbaiknya dengan cara membersihkannya. Lepas keyboard dari laptop. Lakukan dengan hati hati. Setiap laptop punya cara berbeda untuk melepas keyboardnya. Seperti contoh laptop acer terbaru keyboardnya menyatu dengan casing atas. Sehingga harus bongkar total laptop untuk membukanya.  Jika sudah di buka coba pasang dengan benar laptop. Check apakah masih terdapat kerusakan.

Jika ternyata masalah belum selesai, cobalah untuk mencukil ( apa ya bahasanya? ) atau melelas satu tombol yang error. Coba pijit pijit pada bagian plastik yang elastis.  Dan coba bersihkan debu sekitarnya dengan kuas.  Sebelum memasang tombol kembali, coba test apakah masih suka mencet sendiri tau tidak.

Itulah cara yang bisa di tempuh ketika keyboard laptop error. Solusi yang paling ampuh dan gampang namun tidak murah adalah dengan ganti baru. Apabila masih garansi segeralah bawa ke service center terdekat. Syaratnya adalah bersabar sebab di service center biasanya tidak cukup hanya satu minggu saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak dengan software

2 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete
  2. wow bermanfaat sekali kak .. thanks yaa.. yuk cek => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI SEMARANG DEMAK UNGGARAN KENDAL Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    ReplyDelete