It’s the man behind the gun

Friday, October 9, 2015

Tips install asus X452E dengan flashdisk

Asus X452E adalah laptop yang di bekali 2 port USB 3.0  karena port yang dimiliki laptop ini berbeda dari kebanyakan laptop, atau paling tidak kita sebut ini sebagai satu langkah lebih maju. Hal ini membuat kita harus belajar cara baru install laptop asus. Khususnya asus X452E. Ketika kita hendak install laptop menggunakan flashdisk ( katanya lebih cepat daripada menggunakan media DVD ) maka kita harus melakukan settingan terlebih dahulu.

Setting atau configurasi apa yang dimaksud? Setting disini adalah menyelaraskan port USB yang ada di laptop dengan flashdisk ( dalam kasus ini flashdisk masih menggunakan interface USB 2.0 ).  Tujuannya adalah agar flashdisk bisa terbaca oleh si laptop.

Cara masuk bios Asus X452E

Untuk masuk bios, kita cukup tekan F2 saat booting, atau saat kita sudah melihat logo asus. Awas ya jangan sampai terlambat. Jika terlambat sedikit saja maka kita akan tertinggal dan tidak dapat masuk bios. Kecuali melakukan restart laptop.

Jika sudah masuk bios di lanjutkan untuk melakukan settings. Caranya adalah masuk di tab advanced setting – USB 3.0 mode – ubah ke disable.

cara masuk bios asus x452

Tekan F10 untuk menyimpan configurasi dan restart. Pastikan flashdisk yang berisi master bootable windows sudah menancap. Itulah cara install windows menggunakan flashdisk di Asus X452E.  Untuk lebih lanjut tidak ada salahnya melakukan checkup pada beberapa point berikut ini.

Pastikan juga setting boot secure sudah di set disable – biasanya jika value ini belum disable walau USB setting sudah non aktif maka install laptop via usb flashdisk juga akan tetap gagal.

Ubah GPT partition ke MBR untuk windows 7 – apabila windows yang akan di install adalah windows 7 sebaiknya menggunakan format pastisi MBR ( Master Boot Record ). Sedangkan untuk windows diatas win 7 sudah menggunakan format berbeda yaitu GPT. GPT kepanjangan dari Guid Partition Table.

Mungkin ketika laptop masih baru tidak jadi masalah untuk menata  harddisk menjadi MBR sebab belum ada data yang tersimpan di dalam disk tersebut. Namun yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mengubah partition yang sudah ada banyak data disana? Kita lanjutkan pembahasan di cara mengubah partition GPT to MBR tanpa lost data.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips install asus X452E dengan flashdisk

0 komentar:

Post a Comment