It’s the man behind the gun

Monday, September 28, 2015

Negara termiskin di dunia dan sejarahnya

Malawi adalah negara termiskin di dunia. jika indonesia termasuk dalam negara miskin di asia maka malawi ini bukan hanya termiskin di kawasan regional melainkan termiskin di dunia. seperti apakah sejarah negara malawi ini? kenapa bisa menjadi negara termiskin di dunia? mari kita telusuri bersama sama.

Malawi merupakan sebuah negara yang berada di Afrika bagian selatan. Negara Malawi ini adalah salah satu negara yang tidak mempunyai perbatasan dengan laut. Sehingga dapat dikatakan bahwa Negara Malawi tidak mempunyai pinggir pantai. Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal lebih jauh mengenai sejarah Negara Malawi ini. Setap negara tentunya memiliki sejarah yang melatar belakangi negara tersebut. Begitu pula dengan Negara Malawi ini pun juga memiliki sejarah tersendiri.

Negara Malawi Negara termiskin di dunia

Malawi yang memiliki letak geografis berbatasan dengan Tanzania yang terletak di sebelah utara, sedangkan sebelah barat laut Zambia, sebelah timur, barat dan selatan Malawi ini berbatasan dengan Mozambik. Di dalam wilayah Negara Malawi ini terdapat danau yang memanjang diperbatasan sebelah timur Malawi. Danau ini disebut sebagai Danau Malawi. Danau Malawi yang berada di Negara Malawi tersebut ternyata mencakup seperlima dari wilayah Negara Malawi sendiri.
Negara termiskin di dunia

Pada awal mulanya, wilayah Malawi ini didiami atau digunakan sebagai tempat tinggal Etnis Bantu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Etnis Bantu adalah kelompok pertama yang mendiami wilayah Malawi ini. Etnis Bantu ini mulai mendiami wilayah Malawi sekitar pada abad ke-10. Pada tahun 1859, David Livingstone mendatangi Danau Malawi tersebut. David Livingstone adalah seorang petualang yang berasal dari Skotlandia.

Sejak Davis Livingstone mengetahui keindahan dari Danau Malawi yang ada di wilayah tersebut maka bangsa Eropa pada saat itu pun banyak yang tertarik untuk bertempat tinggal atau mendiami wilayah tersebut. Dan pada saat itu pun, wilayah Malawi digunakan sebagai tempat penjualan budak oleh bangsa Eropa atau dapat dikatakan sebagai tempat perdagangan budak.

Pada tahun 1891, bangsa Inggris pun mengetahui keberadaan Malawi, dan mereka masuk ke daerah tersebut. Bangsa Inggris ingin menguasai daerah tersebut. Maka untuk menguasai daerah tersebut Inggris mengadakan peperangan dengan bangsa Jerman dan Portugis.

Inggris melawan bangsa Jerman dan Portugis, karena kedua bangsa inilah yang terlebih dahulu menempati wilayah ini. Pada akhirnya peperangan tersebut dimenangkan oleh Inggris, dan Inggris pun mengklaim daerah tersebut sebagai daerah koloninya.

Setelah daerah tersebut dikuasai oleh Inggris maka bangsa Inggris pun memberi nama wilayah tersebut British Central African Protectorate. Dan yang pada akhirnya pada tahun 1964 daerah ini diganti namanya menjadi Malawi.

Pada tahun 1964 pula Malawi pun resmi menjadi sebuah Negara Malawi tepatnya pada tanggal 6 juli 1964. Diduga asal usul nama Negara Malawi ini terinspirasi dari sebuah cahaya matahari yang dipancarkan oleh sinar matahari yang sangat indah ketika menyinari danau yang ada di Malawi tersebut.

Demikianlah sejarah Negara Malawi yang dapat kami paparkan. Semiga dengan kita mengetahui sejarah dari Negara Malawi ini, dapat menambah pengetahuna serta wawasan kita mengenai asal-usul dari negara yang ada di dunia ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Negara termiskin di dunia dan sejarahnya

1 komentar: