It’s the man behind the gun

Wednesday, September 30, 2015

Cara merawat laptop agar tidak lemot

Laptop adalah sebuah piranti yang sangat di butuhkan di jaman sekarang ini. Tanpa laptop beberapa pekerjaan tidak akan dapat di lakukan. Dalam artian lumpuh total. Semua jenis kegiatan macet. Misalnya input data secara online. Apabila tidak ada laptop maka tidak dapat memasukkan data. ( dalam hal ini laptop dan komputer kedudukannya sama ).

Karena begitu besar manfaat laptop tidak heran jika anak kecil, remaja dan orang tua menggunakan laptop. Setiap hari mata tertuju ke laptop. Setiap hari bekerja dengan laptop. Tidak di rumah, disekolah atau di kantor. Karena terlalu sering di pakai, terkadang performa dari laptop kian hari kian menurun.

Al hasil walau laptop itu mempunyai spesifikasi tinggi, namun apabila di pakai secara terus menerus bisa jadi akan mengalami lemot dan proses lambat di kemudian hari. Oleh karena itu ada baiknya jika perawatan terhadap laptop harus lebih di tingkatkan, dengan harapan laptop tetap awet dan bisa terus di gunakan.

Cara merawat laptop agar tidak lemot

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara melakukan perawatan yang baik sehingga laptop selalu dalam keadaan prima? Disini ada dua jenis perawatan laptop. Yang pertama adalah perawatan secara hardware dan yang kedua adalah perawatan laptop dari segi software. Perawatan hardware meliputi pembersihan rutin pendingin laptop, pembersihan rutin tuts keyboard dan menjaga layar display.

Perawatan pendingin laptop di lakukan setidaknya dalam 8 bulan sekali. Mengingat beberapa kasus yang menimpa teman saya dimana keadaan laptop di penuhi debu yang sudah menyerupai kapas. Itu karena terlalu banyak dan debu yang menempel dalam kurun waktu yang lama. Cobalah bersihkan dengan vacum cleaner. Letak pendingin laptop biasanya di area laptop yang terdapat lubang atau vetilasinya.

Darisitu coba sedot debu yang ada disana. Apabila masih kurang yakin bisa check up di service laptop terdekat. Perawatan keyboard juga sangat penting. Apabila banyak debu yang masuk ke keyboard kemudian menyebabkan sebuah tombol menekan sendiri itu nanti justru lebih berbahaya. Cobalah cari pelindung keyboard yang sesuai dengan layout keyboard laptop sobat.

Hal ini di maksudkan agar tidak memerlukan selotip atau alat perekat lain untuk memastikan penutup keyboard tersebut tidak lepas. Dari segi hardware lain adalah layar display. Memang tidak ada kaitannya dengan laptop yang lemot, akan tetapi jika display kotor bisa menganggu kita ketika sedang bekerja.

Perawatan laptop dari segi software

Kalau perawatan hardware sudah ok akan tetapi kinerja laptop belum kembali seperti kondisi sewaktu beli cobalah untuk melakukan beberapa langkah berikut, yaitu menghapus file sampah, melakukan defragment disk serta check keberadaan virus atau trojan di laptop. Terkadang laptop yang terlihat bersih disitu terdapat virus yang mengendap.

Akibat apa jika tidak di lakukan pengechekan software?

Apabila kita jarang sekali memeriksakan laptop ke service center atau teknisi maka sangat mungkin laptop akan mati total hanya karena software. Urutannya atau logikanya begini. Laptop dengan banyak sekali sampah disana akan memaksa cpu atau processor bekerja lebih kencang. Hal ini menimbulkan panas yang luar biasa. Selain itu kipas atau fan laptop juga akan semakin kencang berputar. Jika sudah demikian maka debu akan semakin banyak masuk ke aliran sirkulasi udara fan laptop. Kalau seperti ini nanti akan mengulang kasus laptop mati karena saluran udara tidak lancar.

Langkah langkah perawatan laptop agar tidak lemot

Coba check anti virus yang terpasang - Pastikan anti virus yang terpasang masih aktif dan sudah mendapat update definisi virus terbaru. Jika anti virus saja tidak aktif atau tidak ada maka jangan heran kalau banyak virus yang berkembang biak disana. Semakin banyak virus maka semakin banyak virus yang berjalan di backgroud. Proses ini akan memakan ram sehingga aplikasi lain yang di jalankan akan terasa nge lag.

Jika sudah aktif, jangan lupa untuk melakukan scaning terhadap seluruh system dan data. Biarkan proses ini berlangsung dan jangan otak atik laptop. Karena nanti hasilnya tidak maksimal. Tunggu sampai proses pemindaian selesai dan hasil report muncul.

Check setting windows - Biasanya lemot itu karena di pengaruhi oleh feature bawaan windows. Di cara mengatasi windows update otomatis pernah saya singgung kalau itu dapat menyebabkan laptop lemot ketika di pakai bermain game atau internetan. Jadi pastikan setting windows yaitu di system properties computer di set ke peforma terbaik.

Andai setting tersebut sudah benar namun masih lemot alias lelet, periksa file sampah yang ada di windows. Mungkin banyak sekali file yang tidak di butuhkan dan di pakai bersarang di laptop kita. Lakukan defragment dengan cara klik kanan drive – pilih properties – pilih tool – pilih defrag now.

Dengan defragment maka file yang ada di dalam penyimpanan akan tertata dengan baik. Namun sampah masih tetap ada disana. Beberapa file sampah adalah yang terdapat di folder temporary dan di folder perfetch. Cobalah hapus semua file yang ada di kedua folder. Restart dan rasakan lagi.

Ingat, mencegah lebih baik daripada beli baru. Mencegah juga lebih baik daripada kehilangan data. Rawatlah laptop baik baik agar pekerjaan berjalan lancar dan rejeki juga di lancarkan.bye

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara merawat laptop agar tidak lemot

1 komentar:

  1. Antivirus apa yang bagus gan?

    bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    ReplyDelete