It’s the man behind the gun

Sunday, September 27, 2015

Cara agar laptop tidak lemot lagi

Laptop lemot atau lambat bisa terjadi di windows 7 ataupun windows 8. kebanyakan kasus yang terjadi diantaranya adalah lemot ketika di pakai main game, lemot saat di gunakan internetan bahkan terkadang ada yang saat di nyalakan prosesnya lama sekali. dari beberapa contoh kasus tersebut mari kita coba cari solusinya dengan harapan masalah laptop lemot bisa menghilang.

Sebelumnya kita harus check terlebih dahulu spesifikasi laptop yang kita gunakan, jika RAM minimal 2 GB seharusnya tidak lemot. namun apabila ram diatas yang barusan disebutkan tapi tetap saja lemot coba sobat ikuti beberapa tips berikut supaya windows 7 atau windows 8 tidak lemot.

Cara agar laptop tidak lemot saat internetan

Jika yang terjadi adalah laptop lemot karena internetan walau ram 2GB atau lebih berarti ada masalah di dalam systemnya. bisa karena banyak aplikasi yang update otomatis atau bisa karena system windows sedang melakukan update sehingga ikut memakan kecepatan internet. berikut cara check dan menanggulanginya :
  1. Klik kanan computer dan pilih properties
  2. Pilih action center dan pilih lagi action center settings
  3. Ubah settingan seperti di bawah ini  :
cara mengatasi laptop lemot saat bermain game
Sampai disini berarti windows tidak di ijinkan untuk melakukan update, tapi jangan lupa setting windows updatenya. Klik ok kalau sudah dan masuk settings windows update. pilih cange settings dan sesuaikan seperti gambar di bawah ini :

laptop lemot saat di pakai internet












Save settings dan coba restart setelah itu gunakan untuk internetan, apakah ada perubahan? jika belum check aplikasi atau software yang terinstall di laptop sobat siapa tahu ada yang melakukan update otomatis. beberapa aplikasi tersebut diantaranya adobe reader dan mozzila firefox.

Cara agar laptop tidak lemot saat main game

Internet normal tapi kenapa laptop ketika di pakai main game patah patah dan nge lag ya? itu yang perlu di pertanyakan. sekarang coba ingat ingat, game yang sobat install apakah cocok untuk spec laptop sobat? jika ternyata keperluan minimal hardware yang di butuhkan tidak terpenuhi secara otomatis processor akan bekerja keras agar game berjalan, yang mana dampaknya adalah game yang lemot dan nge lag.

Coba sobat check kebutuhan minimum, kalau sudah memenuhi syarat silakan tutup semua aplikasi yang berjalan sehingga tidak terlalu memakan ram. kalau ram sudah lega sekarang waktunya melanjutkan game.

Cara agar laptop tidak lemot saat dinyalakan

Ada juga yang mengatakan kalau untuk internet ok, game ok. pokoknya kalau sudah masuk windows semua berjalan normal tanpa lag. yang jadi problem adalah ketika starting up atau start up. hampir 1 menit baru masuk desktop. itu kenapa ya kira kira.

Bisa jadi ada hardware yang rusak, mungkin keyboard yang menekan sendiri. saat keyboard error eh tombol yang mencet sendiri jadi sumber masalah. jika sudah di pastikan keboard normal ( tidak ada bunyi beep panjang ketika booting ) maka coba lakukan setting seperti ini :

1. Buka jendela RUN. 
    caranya tekan (windows+R)
    
mengatasi windows 7 lemot


2. tulis "msconfig" pada input text yang disediakan, lalu klik "OK".

windows 7 lemot parah


3. Hilangkan centang pada aplikasi yang tidak penting dan tidak terlalu dibutuhkan saat start-up. Lalu tekan "OK" 

(biasanya yang penting dihidupkan untuk start-up adalah antivirus dan aplikasi yang berhubungan dengan driver)

windows 8 lemot saat bermain game internet

4. Langkah terakhir tekan "Restart" untuk menghidupkan ulang komputer.


Selain itu sobat harus memilih antivirus yang ringan namun ampuh. sehingga tidak serakah dalam mengkonsumsi ram. itu sedikit saran untuk mengatasi laptop lemot semoga membantu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara agar laptop tidak lemot lagi

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete