It’s the man behind the gun

Saturday, July 25, 2015

Arti sahabat yang sebenarnya

Arti sahabat sejati apakah seperti lirik lagu nidji? Bagaimana dengan arti sahabat menurut islam? hari ini hatiku sedang galau memikirkan arti sahabat. ada yang bilang kalau sahabat adalah kawan yang selalu ada di kala senang dan di saat duka. namun ada pula yang mengatakan jika sahabat itu akan mengatakan hal yang sebenarnya walau menyakitkan.

Sahabat itu artinya apa? karena saya juga masih bingung tentang sahabat dan siapa sahabatku akhirnya coba kunjungi google dan searching arti sahabat dalam islam. akhirnya menemukan beberapa penjelasan. penjelasan yang saya dapat adalah :

Arti sahabat dalam islam dapat dari google

Sahabat adalah orang yang rela berkorban demi sahabatnya tidak peduli korban nyawa atau harta. di kalimat ini artinya sahabat tidak harus selalu berada di samping kita. sahabat adalah orang yang apabila kita mintai bantuan dia akan datang.

Namun terkadang muncul pemikiran yang tidak baik di salah satu hati dan kepala sahabat kita. saat rela berkorban tersebut tidak di miliki oleh semua sahabat. akan muncul anggapan ( Akh kau mah datang, telp, kasih kabar kalau ada maunya saja ). saya sering dengar orang mengeluhkan hal itu.

Jawaban dari keluhan diatas yang masih bisa di nalar adalah :
" setiap orang punya kesibukan dan tanggung jawab masing masing, sehingga apabila tidak bisa membalas pesan singkat on time dan tidak bisa menjawab telephone tepat waktu barang kali dia sedang ada pekerjaan yang tidak bisa di tinggalkan. atau bisa jadi dia sedang dalam perjalanan."

itu sih jawaban saya. kemudian ada lagi kalimat bahwa sesama umat muslim adalah satu tubuh, apabila ada bagian tubuh yang sakit maka yang lain akan merasa sakit. ya itu betul ketika seorang sobat sedang kesusahan tentunya dia akan menceritakan masalahnya kepada sahabat yang di percayainya.

Yang menjadi kegundahanku adalah :
"Terkadang kita sudah percaya kepada seseorang untuk mendengarkan cerita kita, namun di lain hari cerita tersebut di jadikan sebuah ledekan, di jadikan sebuah cerita kepada teman lain. kenapa harus seperti itu?"

Logikaku kemudian mencoba menjawab :
" Jika kau percaya pada seseorang kemudian dia mendengarkan dengan baik dan menceritakan kisah pengalamanmu ke pada orang lain tujuannya tidak lain adalah supaya orang lain tersebut tidak mendapat kemalangan atau kesusahan seperti kita, seandainya memang sudah terjalanjur terjadi setidaknya dia akan merasa kuat karena ternyata masih ada saudaranya yang bernasib sama, kan bisa berjuang bareng bareng."

Walau sudah mencoba untuk mencari tahu arti sahabat versi apapun, sampai sekarang kenapa saya masih tetap sendiri? apakah canda tawa yang keluar ketika kami bersama mengurangi rasa nyaman mereka untuk berbagi kisah dan kesedihan? may be yes may be no.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Arti sahabat yang sebenarnya