It’s the man behind the gun

Monday, January 5, 2015

Cara ubah partisi GPT to MBR dengan DLC

Cara mengubah partisi GPT to MBR dengan DLC boot cd. GPT adalah jenis boot record yang di pakai untuk windows terbaru. windows 8 dan 8.1 serta windows generasi berikutnya. Yang menjadi masalah adalah, masih banyak masyarakat yang nyaman dengan windows 7 walaupun hardware laptop sudah compatible dengna windows 8.1. selain itu driver yang di berikan dari vendor bawaan laptop di peruntukkan bagi windows 8 x64.

Biasanya saat laptop baru di install windows 8 kemudian timbul keinginan untuk mengubah ke windows 7 atau karena kurang nyaman menggunakan win 8 lantas ingin bermigrasi lagi ke windows 7 berarti harus mengganti boot recordnya.

Cara mudah menggnti GPT style partition ke MBR boot record.

Aplikasi yang saya pakai untuk convert adalah partition guru.sedikit cerita saja bahwa saat itu saya hendak install win 7 di laptop yang sudah pernah terpasang windows 8. padahal partisi C atau system sudah terhapus.

Beberapa saran dari internet yang saya baca adalah backup data ke HDD lain baru melakukan partisi ulang seluruh isi harddisk. itu dulu sebelum mengetahui cara yang lebih praktis dan lebih simple. jika teman teman sudah mempunyai DLC boot CD silakan booting melalui mini windows XP atau mini windows 7. setelah itu buka dlc menu dari cari partition tool. temukan partition guru.

Lepas tu cari menu atau fasilitas untuk mengubah jenis partisi. jangan khawatir kalau data teman teman akan hilang sebab saya sudah membuktikan dan hasilnya semua data terselematkan. tidak ada satupun file yang berubah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara ubah partisi GPT to MBR dengan DLC