It’s the man behind the gun

Saturday, November 29, 2014

cara mengatasi paper jam di canon

Postingan mengenai cara mengatasi paper jam di printer canon adalah sebuah curhatan  hasil service beberapa waktu lalu. tepatnya tanggal 28 nov 2014. kala itu sebuah printer mp 287 datang dengan keluhan motherboard mati dan sudah lama tidak di gunakan. setelah ganti board bisa menyala kembali namun muncul pesan di lcd printer E03 dimana menurut buku tatang sutarma eh buku pandual error message, hal itu di sebabkan printer tidak bisa menarik kertas.

OK langkah selanjutnya adalah mengatakan kepada user keadaan yang sebenarnya terjadi .printer sudah menyala namun belum mau mencetak. beruntung sebab user orangnya sabar maka dia siap untuk menunggu kata "jadi dari kami".

cara mengatasi paper jam E03 printer canon

cara mengatasi paper jam E03

Tak lama setelah beliau pergi segera saya siapka obeng min dan plus untuk membongkar printer tersebut. saya check pada mekanik dan roller semua normal. kemudian di timming disk juga masih bersih. encoder printer juga normal. lalu mengapa printer ini tidak mau mengeluarkan kertas? apa yang salah. kala itu saya bertanya seperti itu.

Saya bongkar semua hingga yang tersisa adalah gear yang berhubungan dengan roller printer. coba saya check ternyata disana mengalami masalah nieng atau berkarat. alhasil putaran yang di hasilkan juga tidak maksimal. saya ambil sedikit oli dan saya kucurkan ke mekanik tersebut. kemudian test putarannya menggunakan tangan setelah itu baru deh rangkai kembali printer yang dalam keadaan terbengkalai tersebut.

Semua sudah terpasang seperti semula saatnya test print. tet tere tet. hasilnya amazinge teman teman. trik ini bisa di lakukan di printer canon ip 2770, mp 258 dan seri printer canon lain yang masih menggunakan tinta.

Apa penyebab sebenarnya dari masalah tersebut? setelah saya amati ternyata di sebabkan user terlalu lama mendiamkan printer tersebut di tempat yang lembab sehingga terjadilah print berkarat. untung masih bisa di selamatkan. hehe sekian untuk share mengenai masalah paper jam di canon mp 287 semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : cara mengatasi paper jam di canon

0 komentar:

Post a Comment