It’s the man behind the gun

Wednesday, November 19, 2014

Adab di kamar mandi dalam islam

Dalam islam masuk kamar mandi, saat di kamar mandi, dan keluar dari kamar mandi tata caranya semua sudah diatur. kamar mandi atau wc adalah sebuah tempat yang di senangi setan. menurut yang saya dengar seperti itu. hal yang bisa di lakukan di kamar mandi antara lain mandi junub, atau mandi wajib. mandi junub ini bisa di lakukan karena setelah haid. atau setelah selesai kumpul suami istri.

Tidak hanya itu tujuan kita ke kamar mandi mungkin juga hanya sekedar buang hajat atau buang air kecil. lalu seperti apa adab yang di ajarkan rosulullah? mengenai adab ini beberapa waktu lalu saya sempat di pusingkan dengan pertanyaan saya sendiri mengenai membaca atau menyebut nama allah ketika berada di kamar mandi. katanya kalau di kamar mandi sebaiknya jangan menyebut nama Allah karena tidak baik. padahal ketika kita bersendawa atau bersin kan baiknya mengucapkan alhamdulillah, ya kan?

Adab yang baik saat di kamar mandi

adab mandi wajib dalam islam

Lalu pertanyaan lain yang sempat singgah di kepala ini adalah : kalau tempat wudhu tidak ada selain di kamar mandi apakah bacaan ketika wudhu tidak harus di baca? mengenai semua unek unek saya ini dalam pengajian kyai anwar zahid di terangkan bahwa sanya saat berada di kamar mandi niat wudhu bisa di baca di dalam hati, mengucap alhamdulillah karena bersin juga di lakukan di dalam hati.

mengucap doa berpakaian juga harus di dalam hati. karena saya anak kost jadi mandi dan ganti baju saya lakukan di kamar mandi. untuk masalah wudhu di kamar mandi pernah saya mendapat jawaban mengenai ini dari seorang santri putri pondok pesantren al iman bulus purworejo dimana dia menyarankan lebih baik berusaha mencari tempat wudhu yang berada di luar kamar mandi jika memang sudah berusaha tapi tidak menemukannya ya sudahlah apa boleh buat. begitu katanya.

Ini hanya sekedar sharing tentang ajaran dari kyai anwar zahid masalah adab di kamar mandi. oh ya karena adzan shubuh sudah berkumandang saya sudahi sharingnya ya. sampai jumpa semoga bermanfaat, amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Adab di kamar mandi dalam islam

0 komentar:

Post a Comment