It’s the man behind the gun

Saturday, November 15, 2014

7 tips menjaga kesehatan mata

Mata yang sehat tidak bisa kita dapatkan begitu saja. harus ada usaha untuk menjaga kesehatan mata. mengapa harus di jaga? sebab mata adalah sebuah anugrah daru tuhan yang maha kuasa guna menikmati keindahan dunia ini. tanpa mata maka semua akan terasa gelap. tidak ada warna dan tidak ada merah kuning hijau.

Jika kita tidak merawat mata ini maka bisa jadi penyakit penyakit ganas akan menyerang mata. beberapa penyakit yang ada di mata antara lain mata minus, katarak dan plus. tidak hanya manusia dewasa yang bisa mengidap penyakit tersebut, akan tetapi anak kecil dan balita juga bisa terkena penyakit tersebut. terutama yang sering berada di depan laptop atau komputer. oh ya satu lagi yaitu terlalu lama menatap gadget.

Mungkin bagi teman teman ingin mencari artikel mengenai kesehatan mata berbentuk power point ( PPT ) atau dokument portable ( pdf ). jika itu tujuannya maka saya mohon maaf sebab ini hanyalah tips dasar untuk merawat kesehatan mata.berikut tipsnya

7 cara merawat dan menjaga mata

7 tips menjaga kesehatan mata

1. Jagalah jarak pandang

Ketika berada di depan laptop dan komputer ataupun televisi cobalah untuk menjaga jarak pandang anda. Idealnya jarak pandang sekitar 50-100cm. Begitu pula ketika kita sedang membaca buku. Idealnya jarak pandang mata adalah sekitar 30 cm. Ini dikarenakan agar anda tidak terkena penyakit rabun dekat atau biasa dalam ilmu kedokteran disebut miopi.

2. Kurangi dan hilangkan kebiasaan mengucek mata

Ketika mata anda gatal, anda jangan sering-sering mengucek mata anda. Bisa jadi tangan anda kotor karena habis memgang sesuatu benda dan kuman yang ada di tangan anda bisa menginfeksi organ mata. Dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan mata anda.

3. Istirahatkan mata

Apabila anda berada di depan layar monitor, jangan paksakan mata anda bekerja selama mungkin. Usahakan mata anda untuk beristirahta meskipun hanya sejenak saja. Mata anda bisa letih pada otot-ototnya dan itu bisa juga menyebabkan penyakit mata.

4. Periksakan mata anda

Secara rutin dan berkala anda seharusnya memeriksakan mata anda ke dokter mata. Dengan memeriksakan ke dokter mata maka anda bisa mengetahui apakah mata anda sehat atau terdapat penyakit.

6. Pakailah pelindung mata

Jika aktifitas kerja anda berada di luar ruangan, maka hendaklah anda menggunakan pelindung mata. Sudah banyak di pasaran terdapat kacamata yang dirancang khusus bagi setiap pekerjaan anda. Itu berguna agar mata anda terhindar dari debu dan cedera mata.

7. Konsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin A

Mengkonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin A sangatlah baik bagi kesehatan mata. Salah satunya adalah wortel. Wortel banyak mengandung Beta Karoten dan Vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 tips menjaga kesehatan mata

1 komentar:

  1. Kesehatan mata memang perlu dan harus selalu dijaga, apa lagi sekarang ini banyak gadget dan tentunya layar lcd memberikan dampak buruk terhadap mata jika terlalu sering melihat layar. Halodok.com

    ReplyDelete