It’s the man behind the gun

Sunday, October 5, 2014

cara install windows 7 di laptop asus

Cara install windows 7 di laptop asus belakangan ini menjadi satu masalah yang sangat serius bagi saya. sedikit curhat nih bahwa sanya beberapa netbook maupun laptop asus di bekali dengan system bios yang memang di khususkan untuk windows 8 atau 8.1. alhasil walau di bios sudah di ubah sedemikian rupa maka usaha untuk install windows 7  64 bit atu x86 alias 32 bit akan gagal.

Beberapa keyword sudah saya ketikkan di browser berharap ada solusi yang ampuh. namun ternyata gagal. kasus yang saya hadapi di asus X200M atau lebih familiar dengan sebutan asus X200MA ini misalnya. sudah hampir 2 hari dua malam saya coba berbagai cara tidak mempan juga. salah satu caranya ialah dengan merubah susunan partisi yang ada dengan menggunakan hiren boot cd. yaitu merubah style partisi yang di gunakan dari GPT to MBR. convert berhasil tanpa menghilangkan data.

Tapi setelah memakai cara itu di masukkan master installer win 7 tetap tidak sama. pesan pertama yang muncul adalah selalu restart ketika sampai di starting windows dan hendak menampilkan logo windows. dan yang kedua muncul acpi fully not bla bla bla.

Hingga pada satu kesempatan saya temukan di sebuah blog tentang cara downgrade asus x200ma dari windows 8 ke windows 7. langkahnya adalah sebagai berikut :

Tutorial install windows 7 di laptop asus
1. silahkan kunjungi website asus disini
2. ketikkan seri laptop asus yang di kehendaki kemudian download bios yang terbaru.
3. extract hasil download tersebut ke flashdisk
4 .nyalakan laptop dan masuk bios dengan menekan f2.
5. masuk menu di sebelah kiri tab main.
6. pilih easy flash utility pilih
7. pilih flshdisk yang tadi di koneksikan ke netbook. biasa di FS paling terakhir sebelah kiri.
8. tekan enter dan tunggu hingga proses selesai. setelah finish biasanya laptop akan mati otomatis
9. nyalakan lagi dan masuk di menu yang sama seperti no 5. disana sudah ada pilihan os mau windows 7 atau windows 8.
10.install windows seperti biasanya.

langkah ini  tidak hanya khusus bagi asus x200m / ma namun juga untuk asus x20e, asus x452e dan asus a46c.ini sudah saya buktikan dan sukses salam semoga membantu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : cara install windows 7 di laptop asus

10 komentar:

  1. gan misi nhe,.. numpang nanya,..
    kenapa laptop asus a45c series waktu dah selesai d instal cuma batas pemilihan waktu dan lokasi doang,.. waktu habis restar cuma batas loading - dg tampilan layar warna hitam aja,..
    mohon pangarahannya gan terimakasih ...

    ReplyDelete
  2. kok nggk bisa ...... sudah ku update bios terbaru....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah update ubah settingan windows yang akan di install. dari windows 8 menjadi windows 7. pastikan bootable yang di pakai compatible

      Delete
  3. gan yang di download yang mana software ya?
    apa harus di download smua?

    ReplyDelete
  4. ia nih ane kesusahan inul asus x543s ke win7 gmna yah ..?

    ReplyDelete
  5. iya napa bro ketika kita install, data c y dah di format, tapi napa gk bisa dilanjutin install laptopy....jadi next....?

    ReplyDelete
  6. asus x453S ke win7 gmn ya? sdh coba tp gak mau

    ReplyDelete