It’s the man behind the gun

Saturday, September 27, 2014

keyboard tidak terdeteksi saat booting? simak tips berikut

keyboard tidak terdeteksi sewaktu windows sedang booting juga pernah saya alami.kala itu hari sabtu tanggal 27 septermber 2014. malam minggu tepatnya. saya hendak memasak nasi menggunakan rice cooker. karena saya tinggal di kost jadi terlintas dalam pikiran saya untuk mematikan komputer untuk sementara waktu. takut jika nanti listrik turun saat kedua mesin itu di nyalakan bersama.

Saya terburu buru waktu itu sehingga bukan shutdown yang saya eksekusi melainkan sleep. beberapa saat saya tunggu hingga komputer benar benar mati. namun itu terlalu lama sehingga saya mengambil jalan pintas untuk mencabut kabel power. proses memasakpun dimulain.

sekitar1 jam berlalu, nasi tampaknya sudah matang. saya coba menyalakan komputer. eh siapa sangka hanya ada dua pilihan disana .pertama pilihan resume boot system dan yang kedua delete data and start new boot. kalau tidak salah bunyinya seperti itu.

Namun saat saya coba tekan tombol enter. eh malah tidak ada reaksi apapun. yang ada hanya lampu numlock saja yang meyala seiring tombol di pencet. kepanikan mulai muncul. di dalam komputer tersebut terdapat arsip toko, dimana bila sampai hilang bisa mampus saya.

Sebab bingung saya coba cari solusinya di google dengan mengetikkan cara mengatasi keyboard tidak terdeteksi di booting windows 7. tidak ada solusi yang mujarab. tidak lupa saya coba untuk posting di beberapa grub yang membahas tentang komputer. namun lama tidak ada respon.

Saya beranikan diri untuk mencari solusinya. saya coba masuk bios dan cari settingan usb. aha ketemu ada di usb legacy. ternyata posisinya didisable.  kemdian saya rubah menjadi auto, saya reboot dan tadaaa. alhamdulillah berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : keyboard tidak terdeteksi saat booting? simak tips berikut

0 komentar:

Post a Comment